Rabu, 01 Februari 2017

Biologi Fisiologi Manusia - Sistem saraf


     Potensial Aksi menjalar dari Axon Hillock ke Terminal Akson

sebuah sel saraf, atau neuron, biasanya terdiri dari 3 bagian dasar, yaitu dendrit, badan sel, dan akson. Meskipun terdapat variasi dari bentuknya dan strukturnya, Perlu kita ketahui bahwa Nukleus dan Organelnya terdapat di badan sel, tempat yang bermunculan tonjolan yang dikenal dengan sebutan dendrit.

gambar ini berasal dari google
gambar ini berasal dari google

nukleus terdapat pada badan sel, bisa dilihat pada gambar diatas, #foto ini saya ambil dari google.

 

  Dendrit

     Dendrit adalah ekstensi sitoplasma pendek yang timbul dari badan sel dan memungkinkan neuron untuk menerima impuls saraf secara bersamaan dari reseptor yang berbeda yang terletak di seluruh tubuh.
    neuron motorik dan interneuron biasanya memiliki dendrit sangat bercabang. Neuron tertentu memiliki banyak ekstensi yang timbul dari dendrit mereka disebut duri dendritik dan yang meningkatkan luas permukaan yang tersedia untuk menerima impuls saraf.


    Akson

      Akson adalah ekstensi sitoplasma panjang yang timbul dari badan sel neuron dan menghantarkan impuls saraf dari badan sel untuk efektor yang terletak di otot dan kelenjar. Setiap neuron memiliki akson tunggal, meskipun akson juga mungkin bercabang untuk merangsang sejumlah sel. Ada akson yang memiliki diameter lebih dari satu meter seperti akson membentang dari tengkorak ke panggul, yang sekitar 3 m. Banyak akson dalam tubuh terbungkus oleh selubung mielin, dengan beberapa lapisan membran.
      lalu apa perbedaan Antara kedua hal tersebut, tentu kedua hal tersebut memiliki fungsi yang berbeda berdasarkan Lokasinya, berikut merupakan perbedaan fungsi antara Dendrit dan Akson dalam melakukan tugas sebagai kesatuan sel ?
  1. Sebuah neuron hanya memiliki satu akson dan beberapa dendrit.
  2. Akson adalah bagian selular panjang dengan ketebalan yang seragam dan permukaan halus, sedangkan dendrit adalah bagian selular pendek yang tidak memiliki ketebalan yang seragam dan permukaan halus karena tonjolan kecil yang disebut duri dendritik.
  3. Akson biasanya membawa informasi dari badan sel , sementara dendrit membawa informasi ke badan sel.
  4. Akson memiliki selubung mielin dan simpul Ranvier, sedangkan dendrit tidak.
  5. akson mielin menghantarkan impuls lebih cepat dari dendrit.
  6. Dendrit memiliki ribosom dan akson tidak.
  7. Akson memiliki cabang yang jauh dari badan sel , sedangkan dendrit yang bercabang di dekat badan sel.
     akson terselubung dengan serat meilin, serat meili merupakan serat yang tersusun dari lemak, hal ini karena ion ion larut air yang paling berperan menghantarkan arus menmbus meembran tidak dapat menembus sawar lemak tebal ini, makan selubung meilin berfungsi sebagai insulator, seperti plastik yang membungkus kawat listrik, untuk mencegah bocornya arus listrik dari jalur yang sudah ada.

sel sel yang membentuk meilin adalah oligo dendrosit di susunan saraf pusat, dan sel schawn di jaringan saraf tepi, Lantas apakah sel sel saraf dapat melakukan regenerasi ? Sel saraf dapat melakukan dapat Regenerasi berdasarkan Lokasi saraf yang Rusak, Pada SST tentu Bisa melakukan regenerasi Kerusakan Pada Akson yang Terputus, Namun Pada SSP sebaliknya, 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar